Home » » POKOK DOA BUAT INDONESIA

POKOK DOA BUAT INDONESIA




“ Oleh kerena Sion aku tidak dapat berdiam diri, dan oleh kerena Yerusalem aku tidak akan tinggal tenang, sampai kebenaranNya bersinar seperti cahaya dan keselamatan menyala seperti suluh “ Yesaya 62 : 1

7 Sphere
1.    Arts
Pujilah Dia dengan tiupan sangkakala, pujilah Dia dengan gambus dan kecapi. Pujilah Dia dengan rebana dan tari-tarian, pujilah Dia dengan permainan kecapi  dan seruling ! “  Mazmur 150: 3-4

Doakan :
Seni ; budaya Indonesia yang beraneka ragam digunakan sebagai alat untuk memuliakan Tuhan, bukan untuk menyembah berhala ataupun ilah-ilah.

2.    Business
Doakan:
-          Supaya Anak-anak Tuhan menjadi agen dan menjadi contoh yang nyata dalam membangun bisnis yang memiliki nilai-nilai kerajaan Allah.
-          Terjadi kerjasama diantara para pengusaha sehingga dapat melakukan perkara besar yang sangat signifikan bagi perubahan/pengembangan bangsa.

3.    Church
“ Demikianlah hendaknya terangmu bercahaya di depan orang, supaya mereka melihat perbuatanmu yang baik dan memuliakan Bapamu yang di sorga." Matius 5 : 16

Doakan :
-          Gereja menjadi kesaksian dari suatu kehidupan dimana Tuhan bertahta ditengah tengahnya.
-          Gereja menjadi garam ( ditengah pembusukan) dan Terang ( ditengah kegelapan dosa yang menguasai manusia) menuju Transformasi masyarakat dan bangsa.

4.    Delivery of Media
“ Tetapi bagaimana mereka dapat berseru kepada-Nya, jika mereka tidak percaya kepada Dia? Bagaimana mereka dapat percaya kepada Dia, jika mereka tidak mendengar tentang Dia. Bagaimana mereka mendengar tentang Dia, jika tidak ada yang memberitakan-Nya?” Roma 10:14

Doakan :
-          Orang-orang percaya yang bergerak dibidang Media dapat memakai bidang ini menjadi alat yang efektik untuk memberitakan kabar baik.

5.    Education
“Untuk memperoleh ilmu sejati, pertama-tama orang harus mempunyai rasa hormat dan takut kepada TUHAN. Orang bodoh tidak menghargai hikmat dan tidak mau diajar. Amsal 1:7 BIS
Doakan
-          Supaya lewat  pendidikan terjadi suatu pembentukan paradigma/mindset baru yang membawa kemajuan bagi perubahan masyarakat/bangsa.
-          E-Learning
Program E-Learning dapat menjadi jawaban bagi sekolah-sekolah yang membutuhkan guru yang bergelar S1 dalam syarat mengajar, serta dapat meningkatkan mutu pendidikan yang berkarakter bagi anak didik dimasa yang akan datang.

6.    Family
"Demikian mereka bukan lagi dua melainkan satu. Karena itu, apa yang telah dipersatukan Allah, tidak boleh diceraikan manusia." Matius 19 : 6

Doakan :
-          Keluarga orang percaya bisa menjadi saksiNya di tengah masyarakat yang belum percaya kepadaNya.   Contohnya: Monogami (Mempunyai hanya satu orang istri),dll.
-          Keluarga Kristen menjadi keluarga yang kokoh sehingga dapat  menghasilkan/membina anak-anaknya menjadi anak-anak yang cemerlang dan berdampak bagi kehidupan masyarakat dan bangsa .

7.    Governance
“ Pertama-tama aku menasihatkan: Naikkanlah permohonan, doa syafaat dan ucapan syukur untuk semua orang, untuk raja-raja dan untuk semua pembesar, agar kita dapat hidup tenang dan tenteram dalam segala kesalehan dan kehormatan. “ 1 Timotius 2:1-2

Doakan :
-          Pemerintah menggunakan otoritasnya untuk menciptakan suatu tatanan masyarakat yang adil dan makmur.
-          Pemerintah dipenuhi hikmat Tuhan dalam setiap pengambilan keputusan kebijakan-kebijakan yang akan dilaksanakan tidak merugikan masyarakat banyak.
-          Pemantapan Pancasila
Pancasila yang menjadi ideologi bangsa Indonesia agar tetap kokoh sehingga bisa menahan paham-paham yang merusak nilai toleransi agama ; bisa menghindarkan terjadinya konflik.

7 Challenges (Tantangan)
1.    Ideological
Persoalan fundamentalisme Ideologi, perputaran ideologi di Timur Tengah, bersama dengan isu-isu global lainnya.
2.    Family
Sebuah fokus pada Pernikahan Kristen dan Keluarga dengan panggilan untuk keluarga yang mempunyai integritas dan kemurnian.
Dalam 5 thn terakhir angka perceraian melonjak 100 % (2009), 200 ribu pasangan  bercerai setiap tahunnya di Pengadilan Agama. Hal ini berarti setiap jam ada 30 keluarga bercerai. 10% diantaranya adalah pasangan baru menikah.  Pada tahun 2000, 30% gugatan cerai dilakukan oleh suami; tetapi pada thn 2005,  68,5% gugatan cerai dilakukan oleh istri. Perceraian terbanyak terjadi oleh karena kasus poligami.  Faktor faktor lain yang melatarbelakangi terjadinya perceraian :   ekonomi/ kemiskinan, ketidak harmonisan keluarga serta perselingkuhan

3.    Orphan
“ Ibadah yang murni dan yang tak bercacat di hadapan Allah, Bapa kita, ialah mengunjungi yatim piatu dan janda-janda dalam kesusahan mereka, dan menjaga supaya dirinya sendiri tidak dicemarkan oleh dunia. “ Yakobus 1 : 27
-          Penanganan Anak – anak Yatim
-          Panti Asuhan Kristen

4.    Poverty
Meninjau garis kemiskinan global dengan fokus pada ketersediaan kebutuhan dasar bagi masyarakat termiskin di dunia.
Saat ini jumlah penduduk dengan tingkat kemiskinan ekstrem sebesar 5,9%, yaitu penduduk dengan tingkat penghasilan kurang dari USD 1,00 ( PPP ) per kapita per hari. ( Bank Dunia,  BPS ).
Menurut data dari BKKBN 2011, di Indonesia terdapat sejumlah 63.548.284 keluarga, diantaranya 43,87% adalah keluarga miskin (pra sejahtera sejahtera 1),  dengan karateristik : belum memiliki rumah 13,6 juta (22%),  tidak tersedianya air bersih 50%, tidak tersedianya sanitasi yg higienis (45%), pendidikan SLTP kebawah 68,87%, tidak tamat SD 18,15%, tidak bekerja 10,97%.
Meninjau garis kemiskinan global dengan fokus pada ketersediaan kebutuhan dasar bagi masyarakat termiskin di dunia.
Saat ini jumlah penduduk dengan tingkat kemiskinan ekstrem sebesar 5,9%, yaitu penduduk dengan tingkat penghasilan kurang dari USD 1,00 ( PPP ) per kapita per hari. ( Bank Dunia,  BPS ).
Menurut data dari BKKBN 2011, di Indonesia terdapat sejumlah 63.548.284 keluarga, diantaranya 43,87% adalah keluarga miskin (pra sejahtera sejahtera 1),  dengan karateristik : belum memiliki rumah 13,6 juta (22%),  tidak tersedianya air bersih 50%, tidak tersedianya sanitasi yg higienis (45%), pendidikan SLTP kebawah 68,87%, tidak tamat SD 18,15%, tidak bekerja 10,97%.

5.    Human Right
“ Sebab ia akan melepaskan orang miskin yang berteriak minta tolong, orang yang tertindas , dan orang yang tidak punya penolong; “ Mazmur 72 : 12
Perdagangan manusia:
Pada saat ini Indonesia dianggap sebagai negara tujuan dan pelintasan bagi  perempuan, anak dan orang orang yang akan diperjualbelikan sebagai pekerja seks dan tenaga kerja paksa.

6.    Christ’s Missional
“ Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus, dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu.“
Matius 28 : 19-20a

-          Di Indonesia ada 127 suku besar yang terabaikan
1.      Rumpun Aceh (8 suku) : Aceh, Alas, Aneuk-Jamee, Gayo, Kluet, Simeulue, Singkil & Tamiang.
2.      Rumpun Deli (2 suku) : Asahan &Deli.
3.      Rumpun Minangkabau (3 suku) : Kerinci, Mandailing &Minangkabau.
4.      Rumpun Melayu Riau (4 suku) : Bangka, Belitung, Melayu Riau & Talang Mamak.
5.      Rumpun Jambi (4 suku) : Batin, Jambi, Penghulu & Pindah.
6.      Rumpun Rejang (4 suku) : Bengkulu, Muko-muko, Pekal & Rejang.
7.      Rumpun Musi (5 suku) : Lakitan, Musi Banyuasin, Musi Sekayu, Palembang & Rawas.
8.      Rumpun Pasemah (9 suku) : Kaur, Kikim, Lematang, Lembak, Lembak Delapan, Lintang, Pasemah, Semendo & Serawai.
9.      Rumpun Ogan (7 suku) : Belide, Daya, Enim, Kayu Agung, Ogan, Penesak &Rambang Senuli.
10. Rumpun Lampung (6 suku) : Komering, Lampung Abung, Lampung Krui, Lampung Peminggir, Lampung Pubian &Ranau.
11. Rumpun Sunda & Betawi (2 suku) : Sunda & Betawi.
12. Rumpun Jawa (6 suku) : Banten, Jawa Banyumasan, Jawa Mancanegari, Jawa Osing, Jawa Pesisir Kulon &Jawa Pesisir Lor.
13. Rumpun Madura (3 suku) : Bawean, Madura & Pandalungan.
14. Rumpun Bali (1 suku) : Bali
15. Rumpun Sasak (6 suku) : Bima, Dompu, Loloan, Mamboru, Sasak & Sumbawa.
16. Rumpun Barito (5 suku) : Ampanang, Bakumpai, Dohoi Ot Danum, Lawangan &Siang.
17. Rumpun Banjar (5 suku) : Banjar, Berau, Pasir, Tengarong Kutai & Tidong
18. Rumpun Melayu Kalimantan (1 suku) :  Melayu Kalimantan
19. Rumpun Bugis (14 suku) : Bentong, Bugis, Campalagian, duri, Enrekang, Konjo Pegunungan, konjo pesisir, luwu, maiwa, Makasar, Mamuju, Mandar, Pannei, Ulumanda.
20. Rumpun Gorontalo (3 suku) : Gorontalo, Kaidipang &Lolak
21. Rumpun Kaili (7 suku) : Boul, Dampelasa, Dondo, Kaili Ledo, Kaili Unde, Toli-toli & Tomini
22. Rumpun Tukang Besi (10 suku) : Bajau, Bonerate, Bungku, Kulisusu, Muna, Pancana, Tukangbesi Selatan, Tukangbesi Utara, Wawonii, Wolio.
23. Rumpun Maluku (12 suku) : Asilulu, Geser-Gorom, Hitu, Larike- Wakasihu, Lisela, Makian Barat, Makian Timur, Petani-Maba, Seit-Kaitetu, Sula, Ternate & Tidore.

-          Penginjilan tidak dilakukan secara holistik sehingga masyarakat suku tersebut sudah percaya Tuhan tapi masih saja hidup miskin, tidak berpendidikan &masih memegang tradisi suku yang bertentangan dengan firman Tuhan, contoh: okultisme, judi, minum- minuman keras, & perceraian.
-          Menjangkau kelompok masyarakat yang belum mendengar Injil.


7.    Celebration
“ mereka akan Kubawa ke gunung-Ku yang kudus dan akan Kuberi kesukaan di rumah doa-Ku . Aku akan berkenan kepada korban-korban bakaran dan korban-korban sembelihan  mereka yang dipersembahkan di atas mezbah-Ku, sebab rumah-Ku akan disebut rumah doa bagi segala bangsa.“ Yesaya 56 : 7
Doakan supaya semakin banyak Rumah/Menara Doa 24/7 dan Puji bagi Allah di setiap bangsa.
Next Generation
Generasi Anak-anak:  4-14 Window
Salah satu isu paling serius yang terjadi dalam pelanggaran hak anak adalah perdagangan anak untuk tujuan eksploitasi seksual. Yang paling mengejutkan adalah, adanya angka perdagangan anak yang sangat tinggi pada tahun 2002 lalu. Menurut International Labor Organization, sekitar 1,2 juta anak diperdagangkan di seluruh dunia setiap tahunnya. Sedangkan di Indonesia, menurut penelitian yang dilakukan Komnas Anak, perdagangan anak mencapai 200.000-300.000 pada tahun 2004. Tak hanya itu, Indonesia pun menjadi negara pemasok perdagangan anak khususnya pekerja seks komersial (PSK) di bawah umur 18 tahun terbesar di Asia Tenggara.
Generasi Youth: 15-40
Yang terjadi saat ini di Indonesia :
Setiap hari sedikitnya 50 anak muda meninggal karena Narkoba.
Lebih dari 5 juta pengguna Narkoba.
Jutaan Remaja Indonesia dieksploitasi menjadi PSK.
Jutaan anak muda terinfeksi virus HIV-AIDS akibat pergaulan Bebas.

DOWNLOAD POKOK DOA DISINI

DOWNLOAD BROSUR DAN INFO ACARA DISINI 

LIVE STREAMING :  http://transformworld2020.com/

Acara :
Tanggal 25-28 Maret 2013

 
Support : Radio Ivana | City of God Bookstore | City of God Dancer
Copyright © 2013. GPSDI City of God Purwokerto - All Rights Reserved
Powered by Stefanus Susanto